Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Sunday, December 9, 2018

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

by endar  |  in ARTIKEL at  December 09, 2018


Perkembangan Anak Pendidikan Anak Usia Dini

Keterangan :
untuk mendownload file ini anda bisa klik download di bawah ini :

-------------------------------------------------------------------------------

TUGAS / KEGIATAN 1
1.      a. Kemampuan anak yang dicapai pada usia 2 tahun (24 bulan)
Ø  Belajar makan dan minum sendiri
Ø  Naik tangga dan berlari
Ø  Dapat menyebutkan 3-6 kata yang mempunyai arti
Ø  Dapat menunjuk 1 atau lebih pada tubuhnya
Ø  Mencoret-coret pinsil pada kertas
Ø  Memegang pinsil sendiri
   Kemampuan yang dicapai anak pada usia 3,5 tahun (42 bulan)
Ø  Dapat menggunakan baju sendiri
Ø  Menggambar garis lurus
Ø  Mengenal 2-4 warna
Ø  Dapat menyebutkan dua kata
Ø  Berdiri di atas 1 kaki sambil berpegangan
Ø  Dapat mengayuh sepeda roda tiga
Ø  Dapat melepas baju sendiri
Ø  Bermain dengan teman

b. Rangsangan stimulasi pada anak 2 tahun
Ø  Ajari coret-coret kertas
Ø  Ajak bernyanyi
Ø  Ajari menyebutkan anggota tubuh
Ø  Ajari untuk bergerak bebas tapi sambil diawasi
Ø  Mrmbimbing dan mengarahkan anak agar mematuhi permainan
Ø  Ajak anak untuk membereskan mainan
Ø  Ajari anak untuk berjalan di undakan tangga
Ø  Menggunakan perkataan yang santun
Ø  Ajak anak bermain dengan teman
Ø  Ajak anak menyapu
Ø  Bacakan buku cerita anak
Rangsangan stimulasi pada anak usia 3.5  tahun
Ø  Ajari anak untuk menghormati orang lain
Ø  Ajari anak cuci tangan menggunkan air bersih dan sabun
Ø  Ajari anak untuk beribadah
Ø  Ajari anak berpakaian sendiri
Ø  Ajari anak buang air kecil dan besar pada tempatnya
Ø  Ajak anak untuk melihat buku bergambar
Ø  Ajari anak makan di piring

TUGAS / KEGIATAN 2
1.      Jelasan teori perkembangan kognitif menurut jean peaget
Ø  Teori perkembangan kognitif
Memahami kemampuan untuk berpikir dari beberapa aspek serta tahapan-tahapan yaitu tahapan sensori motoric, tahapan pra operasional, tahapan kongkrit operasional.
o   Contoh tahapan sensori motoric pada usia 0-24 bulan
Anak sudah mampu menggerakan otot-otot disekitar mulutnya untuk menghisap putting susu ibunya.
o   Contoh tahapan pra opersional terjadi pada usia 2-7 tahun
Dimana anak sudah mampu menggunakan simbol dalam berbahasa, berpikir apa yang nyata dihadapannya yaitu dengan memegang bola, anak dapat menyebutkan kata bola.
o   Contoh tahapan kongkrit operasional pada usia 7-11 tahun
Pada tahap ini anak sudah bisa melakukan 3-4 perintah sekaligus
Anak disuruh mengambil sendok, piring dan gelas, anak akan berfikir mengambil di tempatnya serta tahu untuk apa, anak dapat berfikir bahwa sendok, piring dan gelas untuk makan dan minum

2.      Pada dasarnya perkembangan anak 12-36 bulan adalah masanya anak-anak untuk ingin selalu mencoba
Ø  Anak mulai ingin mencoba kemampuan yang dimilikinya
Contoh : berdiri dengan mengangkat satu kai
Ø  Memiliki kebiasaan
Contoh : merajuk, menangis
Ø  Munculnya bahasa
Contoh : belajar bicara dengan melihat apa yang dilihatnya missal televise
Ø  Gerakan kasar, gerakan halus
Contoh : mewarnai, bernyanyi sambil bertepuk
Ø  Bermain peran
Anak berpura-pura sebagai guru, berpakaian rapi, memakai sepatu , tas dan mampu menirukan gaya seorang guru pada saat mengajar.
Ø  Mampu bersosialisasi dengan teman
Contoh : anak mau bermain bersama dengan temannya (main ayunan, prosotan, jembatan goyang) dengan bergantian
Ø  Mampu dan mengerti dimana tempat untuk membuang air kecil dan besar di kamar kecil.
Contoh : anak sudah bisa cebok sendiri tentunya dengan pembiasaan orang tua selalu mengajarkan bagaimana cara cebok yang baik bersih dan sehat.
Ø  Senang pada kebiasaan dan rutinitas
Contoh : anak berangkat sekolah dalam keadaan senang dan gembira tanpa adanya paksaan dari orang tuanya.

TUGAS / KEGIATAN 3
1.      6 Aspek perkembangan anak
a.       Nilai agama dan moral diantaranya
Ø  Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya
Ø  Mengenal perilaku baik sebagai cerminan ahlak yang mulia
Ø  Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
b.      Fisik motorik diantaranya
Ø  Mampu mengenal angota tubuh, fungsi dan geraknya untuk pengembangan motorik halus dan motorik kasar.
Ø  Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat.
Ø  Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik halus dan kasar.
c.       Kognitif diantaranya
Ø  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
Ø  Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, pertukangan)
Ø  Dapat menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, bentuk, ukuran, warna, tekstur, fungsi, pola dan ciri-crinya)
d.      Seni diantaranya
Ø  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap-sikap estetis
Ø  Menunjukan karya dan aktifitas seni dengan ,menggunakan berbagai media
Ø  Mengenal berbagai karya dan kreatifitas seni
e.       Bahasa diantaranya
Ø  Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
Ø  Menunjukan kemapuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya.
f.       Sosial emosional diantaranya
Ø  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar
Contoh : mau menunggu giliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara.
Ø  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
Ø  Melatih kedisiplinan
Ø  Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian.

2.      Penjabaran indikator pada kompetensi dasar, aspek perkembangan bahasa
a.       Anak usia 4-5 tahun
Kompetensi dasar
Indikator
Ø  Memahami bahasa reseptif (menyimak, membaca)
Ø  Memahami aturan dalam permainan
Ø  Mengulang kalimat yang  lebih komplek
Ø  Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa verbal dan non verbal)
Ø  Menjawab pertanyaan sederhana
Ø  Mengungkapkan perasaan, ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika berkomunikasi
Ø  Mengenal keaksaraan
Ø  Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi huruf awal yang sama.
Ø  Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
Ø  Menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk 
Ø  Mengenal symbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
Ø  Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
Ø  Mengenal berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan

b.      Anak usia 5-6 tahun
Kompetensi dasar
Indikator
Ø  Menunjukan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
Ø  Menceritakan kembali apa yang di dengar dengan kosa kata yang lebih banyak
Ø  Melaksanakan perintah yang lebih komplek sesuai dengan aturan yang di sampaikan
Ø  Menunjukan kemampuan bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa verbal dan non verbal)
Ø  Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
Ø  Mengungkapkan keinginan perasaan dan pendapat dengan kalimat sederhana dalam berkomunikasi
Ø  Menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam bentuk berbagai bentuk karya
Ø  Senang dan menghargai bacaan
Ø  Membaca nama sendiri
Ø  Memahami arti kata dalam cerita.


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.