Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Friday, November 30, 2018

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK ANAK TK

by endar  |  in ARTIKEL at  November 30, 2018


KEGIATAN BELAJAR 1
Peranan Guru dalam Mengembangkan Motorik Anak TK

Keterangan :
untuk download file artikel dibawah anda bisa download disini
---------------------------------------------------------------------------- 

     A.    PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK ANAK TK
Anak anak usia TK adalah anak-anak yang masih sangat memerlukan pengawasan dan bimbingan dari orang yang lebih tua. Salah satu cara belajar anak TK adalah dengan meniru perbuatan orang orang yang lebih tua, misalnya orang tua atau gurunya.
Guru mempunyai peran penting dalam pengembangan fisik/motoric anak yang dapat dilakukan melalui bermain, untuk membantu meningkatkan gerakan motorik anak maka yang dapat dilakukan guru adalah
1.      Menyediakan peralatan atau lingkungan yang memungkinkan anak melatih keterampilan motoriknya. Tempat dan alat berlatih keterampilan motorik harus aman sehingga memungkinkan anak dapat berlari lari atau berguling guling.
2.      Memperlakukan anak dengan sama. Jangan membanding bandingkan kemampuan satu anak dengan anak di depan anak lain kerena setiap adalah unik. Penguasaan keterampilan motorik seorang anak tak akan sama antara satu anak dengan anak yang lainnya. Semua ini tergantung pada banyaknya hal misalnya latihan, rasa percaya diri, kematangan alat – alat tubuh, dan lain lain
3.      Memperkenalkan berbagai jenis keterampilan motorik, misalnya berbagai jenis olahraga pada anak. Semakin banyak anak berlatih beberapa jenis olahraga atau keterampilan motoriknya akan semakin baik pula.
4.       Meningkatkan kesabaran guru karena setiap anak memiliki jangka waktu sendiri dalam menguasai suatu keterampilan. Oleh sebab itu guru diharapkan tidak memaksa anak untuk menguasai suatu keterampilan motoric melebihi batas kemampuannya.
5.      Aktivitas fisik yang diberikan ke anak harus bervariasi, yaitu aktivitas fisik untuk bermain dan bergembira sambil menggerakan badan.
6.      Berikan anak anak aktivitas fisik yang memungkinkan anak menikamati perkembangannya. Keberhasilan anak dalam melakukan dirinya.
7.      Saat melakukan aktifitas fisik yang menempatkan anak bersama beberapa anak lain, maka anak sebaiknya diberi arahan untuk dapat menerima kehadiran dan bekerja sama dengan anak lain.



B.     PERANAN GURU DALAM MEMBIASAKAN ANAK MEMAKAN MAKANAN YANG BERGIZI

Pertumbuhan fisik adalah proses metabolisme yang memerlukan masukan oksigen zat gizi, serta beberapa zat penting lainnya. Proses ini berlangsung terus menerus, bersifat konfleks, unik, dan mengikuti pola tertentu. Di sekolah guru perlu membiasakan anak memakan makanan yang bergizi agar petumbuhan fisik anak, misalnya penambahan berat dan tinggi badannya akan berkembang dengan baik.
Perlu di ingat kekurangan gizi pada anak – anak akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak saat dewasa. Biasanya penyebab utama seorang anak kekurang gizi selain dari factor ekonomi dan kebiasaan dikeluarga, juga kerana kurangnya pengetahuan atau kurangnya perhatian orang tua dan guru mengenai asupan gizi anak.
Di sekolah guru perlu membantu anak memperhatikan, membiasakan, dan memakan makanan yang baik dengan cara menjadi model dari anak didiknya atau motivasi dan mempengaruhi anak untuk memakan makanan yang bergizi. Dengan pembiasaan makan yang baik anak akan tumbuh lebih kuat dan lebih sehat. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan fisiknya agar menjadi lebih baik.
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.