Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Sunday, February 18, 2018

SENI TARI KECAK

by endar  |  in SENI BUDAYA at  February 18, 2018

A.  DESKRIPSI

Kecak adalah pertunjukan tarian seni khas Bali yang lebih utama menceritakan mengenai Ramayana dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan "cak" dan mengangkat kedua lengan.


Beberapa orang mengatakan jika tarian ini diciptakan oleh Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman, Walter Spies. Pertunjukan ini digelar di Pantai Pandawa Bali pada festival Pantai Pandawa Bali yang berlangsung pada tanggal 25 Desember 2015 hingga 3 Januari 2016. Pertunjukan tarian ini dilakukan oleh kukrang lebih 60 orang, kebanyakan penarinya itu laki-laki.
Pertunjukan tarian itu dilakukan dengan hikmat dan serius, tampak aura sakral yang dapat dilihat dari penampilan tersebut karena ditampilkan dengan serius. Kostum yang digunakan mirip dengan tari kecak yang lain, yaitu untuk penari lelaki mengenakan kain yang mirip seperti papan catur. Sedangkan yang perempuan mengenakan kostum yang menyerupai Sinta (kekasih Rama).

B.  ANALISIS
Pertunjukan ini bias dibilang unik karena tempat pertunjukannya yang bersifat terbuka (panggungnya). Sehingga banyak yang dapat menyaksikan pertunjukan tersebut. Iringan musik yang berasal dari luar penari dan penarinya menambah keunikan dari pertunjukan tersebut.
Namun ada gerakan penari yang masih kurang enak untuk dilihat, maksudnya posisinya itu tidak tepat. Kelebihan dari pertunjukan itu berasal dari keseriusan penari.

C.  INTERPRETASI
Tari kecak berasal dari ritual pemujaan masyarakat Bali kuno terhadap Tuhan dan roh leluhur yang disebut ritual Sanghyang. Bentuk - bentuk "Sakral" dalam tari kecak ini biasanya ditunjukan dalam hal kerauhan atau masolah yaitu kekebalan secara gaib sehingga tidak terbakar oleh api.
Nilai nilai yang terkandung dalam tari kecak yaitu yang pertama Nilai Religius, Masyarakat Bali mempercayai Tari Kecak sebagai salah satu tarian ritual memanggil dewi untuk mengusir penyakit dan juga sebagai sarana pelindung dari kekuatan jahat.
Yang kedua Nilai Estetika hal ini dapat kita lihat dari gerakan penari Kecak, kekompakan semua penarinya. Keselarasan antara lagu dan gerakan yang terlihat sangat ritmis

D.  EVALUASI
Secara keseluruhan penytajian tari Kecak di festival Pantai Pandawa sangatlah menarik dan unik. Namun ada hal yang perlu diperhatikan agar tarian ini terlihat sempurna, misalnya dengan posisi penari yang tepat.


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.