Hasil observasi
Tujuan :
mengamati perkembangan kognitif anak dalam membilang 1-20
lambang bilangan
Nama Subjek :
siswa TK Al-Furqon Indramayu
Kelompok : 132
Jumlah siswa :
18 Anak
Hari/ Tanggal :
Rabu, 31 Oktober 2018
No
|
Aspek Pengembangan
|
Keterangan
|
1
|
Fisik
|
Ø
Semua siswa
ikut dalam kegiatan senam fantasi, numun ada anak yang masih jalan – jalan
Ø
Sebelum
berbaris dan waktu istirahat, semua siswa memanfaatkan permainan yang ada
diluar, berjalan di atas papan titian, ayunan dan lain-lain
Ø
Dalam kegiatan
pembelajaran ada anak menulis angka 6,7,7 yang suka terbalik
|
2
|
Bahasa
|
Rata-
rata siswa kelompok B2 mampu mengungkapkan tema yang akan dipelajari
-
Hamper semua
siswa berkomunikasi dengan guru teman / orang lain menggunakan bahasa
Indonesia. Pada saat bermain maupun saat pembelajaran
|
3
|
Kognitif
|
Ø
Dalam
membilang lambing bilangan dengan benda 1-10 hampir semua siswa mampu
Ø
Ada beberapa
siswa yang masih keliru dalam membilang bilangan 1-20
|
4
|
Social
emosional
|
Ø
Anak mau
bergaul dengan kelompok yang lain
Ø
Ada beberapa
anak yang bermain sacara berkelompok – kelompok
Ø
Ada beberapa
siswa yang mau membantu mencarikan buku temannya
|
Pedoman wawancara
1. Nama anak :
Dyon
2. Usia :
5 Tahun 5 bulan
3. Jenis kelamin
: Laki – laki
4. Tanggal wawancara
:
1 November 2018
5. Tempat wawancara :
Kelas
6. Wawancara ke :
2
Aspek Agama,
Sosial aemosional, Bahasa, Fisik
|
||||
No
|
Pertanyaan
|
Bisa
|
Ragu- ragu
|
Tidak senang
|
1
2
3
4
5
|
Siapakah
yang menciptakan bintang / hewan
Coba
tirukan suara kambing, ayam dll
Coba
sebutkan 2 jenis hewan yang ada di rumahmu
Hewan
apa yang berkaki 2 berkaki empat
Coba
tirukan gerakan binatang kelinci, katak (bila terus melompat)
|
|
|
|
Kesimpulan
Dyon
sudah berkembang sesuai harapan, karena dalam aspek agama social emosiaonal,
bahasa, fisik, kognitif, anak sudah mampu melakukan pembelajaran
|
Indramayu, 1 November 2018
Guru kelompok B1
WARNENCI
NIM. 835640197
Pedoman wawancara
1. Nama anak :
Amera
2. Usia :
5 , 2 tahun
3. Jenis kelamin
: Perempuan
4. Tanggal wawancara
:
1 November 2018
5. Tempat wawancara :
Ruang Kelas
6. Wawancara ke :
2
Aspek Agama,
Sosial aemosional, Bahasa, Fisik
|
||||
No
|
Pertanyaan
|
Bisa
|
Ragu- ragu
|
Tidak senang
|
1
2
3
4
|
Siapakah
yang menjadikan tanaman dan bunga yang ada di kebun / halaman rumah
Coba
sebutkan 2 nama macam – macam tanaman yang ada rumah mu
Tanaman
apa yang di tanam pak tani di kebunnya
Coba tirukan tanaman yang tertiup angina ke
kanan, kekiri, kedepan, kebelakang
|
|
|
|
Kesimpulan
-
Agama : anak
sudah dapat mengetahui yang menciptakan tanaaman
-
Bahasa : anak
masih ragu dalam menyebutkan 2 jenis tanaman
-
Kognitif :
anak masih ragu antara menjawab tanaman yang ditanam di kebun pak tani
-
Fisik : anak
dapat menirukan gerakan pohon teriup angina
|
Indramayu, 1 November 2018
Guru kelompok B
WARNENCI
NIM. 835640197
Kesimpulan
1.
Fisik
Hasil observasi
yang telah dilakukan guru dalam bidang fisik anak kelompok B1
Ø Anak mampu melakukan berbagai aktivitas
Ø Anak mampu melakukan senam fantasi
Ø Anak mampu melakukan berbagai kegiatan motoric halus
Ø Anak mampu melakukan aktivitas motoric kasar
(berjalan di papan titian, bergelayot, dll)
2.
Bahasa
Hasil observasi
yang telah dilakukan guru dalam bidang Bahasa
Ø Anak mampu mengungkapkan cerita sesuai apa yang di lihatnya
Ø Anak mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa
yang baik
3.
Kognitif
Ø Rasa ingin tahu
Ø Mengenalkan benda dengan lambing bilangan
4.
Social emosional
Hasil observasi
yang telah dilakukan dalam bidang social emosional yaitu :
Ø Anak antusias dalam kegiatan pembelajaran
Ø Anak mau berteman dengan kelompok lain
Ø Mempunyai banyak sahabat
5.
Nilai Agama dan
Moral
Ø Anak mengenal sang penciptanya
Ø Do’a, salam
0 comments: