Perencanaan, Pelaksanaan, dan
Penilaian Program Kegiatan
Fisik Motorik
di TK
KEGIATAN BELAJAR 1
Rancangan Program Pengembangan
Fisik
A.
RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK
Setiap gerakan
anak sebenarnya melibatkan tiga unsur penting, yaitu ottot, otak, dan syaraf.
Jika salah satu dari ketiga unsur tersebut tidak berfungsi dengan baik maka
gerakan yang dihasilkan juga tidak akan bermakna atau tidak terjadi gerakan
sama sekali. Berdasarkan unsur otot yang dilibatkan pada saat bergerak maka
secara umu, pengembangan fisik motoric terbagi menjadi dua, yaitu motoric kasar
dan motoric halus. Selanjutnya baik motoric kasar maupun motoric halus terdiri
atas beberapa macam gerakan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada uraian
berikut iini.
1.
Lingkup Pengembangan Motorik Kasar
Motoric kasar
adalah gerakan fisik yang melibatkan otot-otot besar, seperti otot lengan,
kaki, dan leher. Ada tiga jenis gerakan yang dapat dilakukan dalam motoric
kasar, yaitu gerak lokomotor, gerak nonlokomotor, dan gerak manipulative
a.
Gerakan
lokomotor
Gerak lokomotor
adalah aktivitas gerakan dengan cara memindahkan tubuh dari satu tempat ke
tempat lain.
b.
Gerakan
nonlokomotor
Gerakan
bonlokomotor adalah aktivitas atau tindakan dengan tidak memindahkan tubuh dari
satu tempat ketempat lai.
c.
Gerak
manipulative
Gerak
manipulative adalah aktivitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat.
Contohnya, gerakan manipulative adalah melempar, menangka, menggiring,
menendang, memantulkan bola atau benda benda lainnya.
2.
Lingkup
Pengembangan Motorik Halus
Motoric halus
adalah gerakan-gerakan tubuh yang melibatkan otot-otot kecil, misalnya
otot-otot jari tengah, otot muka, dan lain-lain.
B.
PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK PADA KURIKULUM 2004
C.
RANCANGAN PROGRAM PENGEMBNGAN FISIK MOTORIK UNTUK
ANAK USIA 4-6 TAHUN
Program kegiatan
pengembangan fisik motoric untuk anak usia Taman Kanak-kanak merupakan program
kegiatan yang terinteggrasi dalam kegiatan belajar dan bermain.
1.
Menentukan Tujuan/ Aspek yang Akan Dikembangkan
2.
Pemilihan Bentuk Kegiatan yang Aakn Dilakukan
Guru perlu
memilih dan menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan. Pemilihan
kegiatan inii harus sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik anak.
3.
Pemilihan Alat dan Bahan yang Akan Digunakan
4.
Pemilihan Metode
KEGIATAN BELAJAR
2
Penilaian
program pengembangan
fisik motorik
evaluasi atau penilaian dilakukan terhaadap
perkembangan aspek fisik motoric anak didik baik berupa kemajuan maupun
hambatan-hambatan yang merintangi kemajuan maupun hambatan-hambatan yang
mungkin merintangi kemajuan perkembangan anak didik.
Pengertian
penilaian adalah suatu usaha untuk mendapatkan informasi secara berkala berkesenimbangan
dan menyeluruh tentang proses, dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang
telah dicapai anak didik melalui program kegiataan belajar.
A.
ALAT PENILAIAN DALAM PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK
1.
Penilaian pengembngan fisik motoric di Taman
Kanak-kanak
Pengembangan
fisik motoric di Taman Kanak-kanak dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai
berikut.
a.
Pengamatan atau
observasi
1.
Pengertian
Pengamatan
merupakan suatu cara untuk mengumpulkan keterangan atau informasi tentang
sesuatu dengan cara melihat, mendengarkan dan meng.amati semua peristiwa,
mencatatnya secara cermat dan teliti yang dilakukan oleh pengamat (observers)
terhadap objek/ orang yang diamati (observe viewer). Pengamatan merupakan suatu
metode yang paling langsung untuk mengetahui proses pembelajaran dan
perkembangan anak didik khususnya anak usia dini.
2.
Tujuan observasi
a.
Memahami
perilaku anak
b.
Mengevaluasi
perkembangan anak
3.
Observasi/
pengamatan terhadap perkembangan fisik motoric anak anak usia dini berbeda
dalam periode perkembangan fisik motoric yang paling penting karena pada usia
ini perkembangan fisik motoric mengalami perkembangan yang sangat pesat yang
meliputi perkembangan motoric halus dan kasar.
a.
Keterampilan
motoric halus melibatkan otot kecil tubuh secara spesifik meliputi tangan dan
jari.
b.
Keterampilan
motoric kasar memberikan kemampuan pergerakan otot-otot besar dalam aktivitas
fisik, seperti berjalan, berlari, memanjat, dan melompat. Ketika bermain,
anak-anak prasekolah menggunakan peralatan dan aktivitas lain untuk melatih
keterampilan-keterampilan motoric kasar .
b.
Catatan anekdot
Merupakan kumpulan
catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi situasi tertentu.
Kesimpulan catatan tersebut meliputi aktivitas anak yang bersifat positif dan
negatif.
c.
Portofolio
Portofolio
adalah kumpulan atau koleksi sistematik karya baik yang dikembangkan oleh anak
dan guru yang dapat berfungsi sebagai dasar untuk menelaah usaha, perbaikan
proses dan pencapaian pada satu bagian atau lebih aspek. Portofolio dapat
diartikan sebagai suatu wujud benda fisik, seperti bundle (kumpulan atau
dokumen hasil pekerjaan anak yang disimpan dalam satu kumpulan)
2.
Prinsip-prinsip penilaian
Beberapa prinsip
penilaian yang harus diperhatikan dalam kegiatan penilaian adalah sebagai
berikut.
a.
Menyeluruh
b.
Berkesinambungan
c.
Berorientasi
pada proses dan tujuan
d.
Objektif
e.
Mendidik
f.
Kebermaknaan
g.
Kesesuaian
B.
CONTOH RANCANGAN PENILAIAN PENGEMBANGAN FISIK
MOTORIK
1.
Pengamatan/
Obserfasi
0 comments: