KEGIATAN BELAJAR 1
Peranan Guru
dalam Mengembangkan Motorik Anak TK
Keterangan :
untuk download file artikel dibawah anda bisa download disini
----------------------------------------------------------------------------
A.
PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK ANAK TK
Anak anak usia TK adalah anak-anak yang masih sangat
memerlukan pengawasan dan bimbingan dari orang yang lebih tua. Salah satu cara
belajar anak TK adalah dengan meniru perbuatan orang orang yang lebih tua,
misalnya orang tua atau gurunya.
Guru mempunyai peran penting dalam pengembangan
fisik/motoric anak yang dapat dilakukan melalui bermain, untuk membantu
meningkatkan gerakan motorik anak maka yang dapat dilakukan guru adalah
1.
Menyediakan peralatan
atau lingkungan yang memungkinkan anak melatih keterampilan motoriknya. Tempat
dan alat berlatih keterampilan motorik harus aman sehingga memungkinkan anak
dapat berlari lari atau berguling guling.
2.
Memperlakukan
anak dengan sama. Jangan membanding bandingkan kemampuan satu anak dengan anak
di depan anak lain kerena setiap adalah unik. Penguasaan keterampilan motorik
seorang anak tak akan sama antara satu anak dengan anak yang lainnya. Semua ini
tergantung pada banyaknya hal misalnya latihan, rasa percaya diri, kematangan
alat – alat tubuh, dan lain lain
3.
Memperkenalkan
berbagai jenis keterampilan motorik, misalnya berbagai jenis olahraga pada
anak. Semakin banyak anak berlatih beberapa jenis olahraga atau keterampilan
motoriknya akan semakin baik pula.
4.
Meningkatkan kesabaran guru karena setiap anak
memiliki jangka waktu sendiri dalam menguasai suatu keterampilan. Oleh sebab
itu guru diharapkan tidak memaksa anak untuk menguasai suatu keterampilan
motoric melebihi batas kemampuannya.
5.
Aktivitas fisik
yang diberikan ke anak harus bervariasi, yaitu aktivitas fisik untuk bermain
dan bergembira sambil menggerakan badan.
6.
Berikan anak
anak aktivitas fisik yang memungkinkan anak menikamati perkembangannya.
Keberhasilan anak dalam melakukan dirinya.
7.
Saat melakukan
aktifitas fisik yang menempatkan anak bersama beberapa anak lain, maka anak
sebaiknya diberi arahan untuk dapat menerima kehadiran dan bekerja sama dengan
anak lain.
B.
PERANAN GURU DALAM MEMBIASAKAN ANAK MEMAKAN MAKANAN
YANG BERGIZI
Pertumbuhan fisik adalah proses metabolisme yang
memerlukan masukan oksigen zat gizi, serta beberapa zat penting lainnya. Proses
ini berlangsung terus menerus, bersifat konfleks, unik, dan mengikuti pola
tertentu. Di sekolah guru perlu membiasakan anak memakan makanan yang bergizi
agar petumbuhan fisik anak, misalnya penambahan berat dan tinggi badannya akan
berkembang dengan baik.
Perlu di ingat kekurangan gizi pada anak – anak akan
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak saat dewasa. Biasanya penyebab
utama seorang anak kekurang gizi selain dari factor ekonomi dan kebiasaan
dikeluarga, juga kerana kurangnya pengetahuan atau kurangnya perhatian orang
tua dan guru mengenai asupan gizi anak.
Di sekolah guru perlu membantu anak memperhatikan,
membiasakan, dan memakan makanan yang baik dengan cara menjadi model dari anak
didiknya atau motivasi dan mempengaruhi anak untuk memakan makanan yang
bergizi. Dengan pembiasaan makan yang baik anak akan tumbuh lebih kuat dan
lebih sehat. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan fisiknya agar menjadi lebih
baik.
0 comments: