Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Saturday, November 3, 2018

PENJELASAN ISTIDRAJ

by endar  |  in ARTIKEL at  November 03, 2018


ISTIDRAJ

-          Apa itu istidraj
v  Istidraj adalah suatu jebakan berupa kenikmatan rezeki yang diberikan Allah kepada seluruh manusia atas perilaku maksiat yang dilakukan. Penelitian lain yaitu hukuman atas azab yang berbungkus kenikmatan . biasanya juga diartikan : kesenangan atau nikamat yang Allah berikan kepada orang yang jauh dari Nya, yang seharusnya menjadi azab baginya apakah dia bertaubat atau semakin jauh.
v  Bentuk Istiddraj dalam islam
Dalam Q.S. An-Nahl ayat 18 telah dijelaskan betapa lamanya kenikmatan yang Allah berikan kepada manusia yang (……………..) : “Dan jika kamu menghitung hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar benar maha pengampun maha penyayang.”
v  Bentuk Istidraj yakni ketika Allah tetap melancarkan rezeki kepada manusia padahal manusia tersebut masih melakukan perbuatan tercela seperti :
1.      Tidak mendirikan shalat
2.      Tidak melaksanakan ibadah puasa
3.      Berzina dan bermaksiat tanpa rasa bersalah
4.      Tidak menjaga aurat, karena hukumnya wajib.
v  Ciri ciri Istidraj sebagai berikut :
1.      Keimanan dan ibadah semakin menurun namun kesenangan makin melimpah (Q.S. Al-An’am ayat 44)
2.      Terus melakukan kemaksiatan namun kesuksesan justru semakin melimpah (Mutiara Nahjul Balaqhoh Hal 121)
3.      Semakin kikir tapi harta semakin melimpah (Q.S. Al-Humazah 104 ayat 1-3) yang artinya :
1)      Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat bagi pencela
2)      Yang mengumpulkan harta dan dan menghitung hitung
3)      Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya.
4.      Senang terkena sakit namun dia sombong dengan kesehatannya, hikmah dari sakit salah satunya meringankan dari dosa dosa yang dilakukan.
5.      Semakin sombong namun harta semakin melimpah ruah. Rasulallah SAW. Bersabda : diantara tanda tanda kesengsaraan adalah mata yang kaku, hati yang kejam dan terlalu memburu.
v  Mengapa Allah tidak langsung menghukum dan cenderung memberi kesempatan kepada yang bersangkutan yang berbuat dosa.?
-          Karena salah satu sifat Allah SWT. Adalah Al-Hakim yang artinya menahan amanah atau atau tidak menjatuhkan snksi guna memberi kesempatan kepada yang berdosa untuk bertaubat., interpeksi atau malah akan merubah siksaan (Q.S. Al-Araf ayat 182) artinya kami akan menarik /menggulung merka dengan berangsur-angsur kearah kebinasaan dengan cara yang mereka tidak ketahui.
-          Maka jangan silau dengan kesuksesan dan kemegahan yang ditampilkan seseorang, bias jadi dia sedang mengalami istidraj. Dan pada saatnya tiba tiba Allah akan mencabut semua kenikmatan itu tanpa dia sadari.
v  Penyebab Terjadinya Istidraj
1.      Tidak beriman (Q.S. Al-An’am 6 ayat 91)
Biarkanlah mereka bermain main dalam kesesatannya
2.      Syirik (Q.S. Az-Zuman 39 ayat 8
3.      Kemunafikan, pura-pura masuk islam sedangkan hatinya tidak menerima kekerasan islam (Q.S. Al-Munafiqun 63 ayat 4)
4.      Sombong terhadap kekuasaan, dia menolak dan semakin jauh dari keimanan (Q.S. Al- Aqaf 46 ayat 20)
5.      Cinta dunia. Dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan (Q.S. A-l Fajr 89 ayat 15-17)
6.      Memohon dunia saja, pikirannya terfokus pada duni untuk memperoleh harta (Q.S An-Nisa 4 ayat 134)
7.      Bakhil dan kikir, berlimpah harta adalah sebuah ujian dan Allah menyuruh untuk menafkahkan sebagian harta tersebut (Q.S. Al-Hadid 57 ayat 7)
8.      Tamak dan rakus pada dunia (H.R. Bukhori Muslim)
9.      Tidak bersyukur. Sebagian orang ditmpa istidraj karena mereka lupa kacang dengan kulitnya, tidak bersyukur kepada Allah setelah dikabulkan keinginannya. (Q.S. Yunus 10 ayat 11-12)
10.  Tidak amanah terhadap harta (Q.S. Al-Ankabut 24 ayat 66)
11.  Melakukan kedzaliman terus menerus (Q.S Al-Humazah 104 ayat 1-3)
12.  Lupa diri (Q.S. Shaad 38 ayat 32)
13.  Merasa semua berjalan sesuai rencana atau sukses (Q.S. Qashas ayat 78 dan Q.S. Nisaa 4 ayat 115)
v  Contoh Istidraj
-          Seseorang mendapatkan limpahan rezeki dengan cara musyrik, pesugihan dan benar cepat kaya padahal dia bermaksiat kepada Allah.
-          Orang yang korupsi namun tak pernah tertangkap malah anak cucunya mendapatkan warisan yang melimpah dari hasil korupsi tersebut. Itu merupaka ujin dari Allah SWT kepada makhluk Nya yang ………………………berupa kelapangan rezeki dan kebahagianan duniawi.
-          Cinta monyet dan angina = angina topan 45 dt angina tornado 30 dt, angina ………….15 dt (angina spoi spoi 5 dt)
-          Kisah qourun
v  Cara menghindari istidraj
1.      Meningkatkan keimanan dan ketakwaan (Q.S. Al-Araf 7 ayat 46)
2.      Meningkatkan amal sholeh dan hubungan baik terhadap semua makhluk (Q.S. An- Nahl 16 ayat 97)
3.      Berdo’a, senjata yang paling ampuh bagi kaum muslimin meminta kepada Allah agar diberikan keberkahan, kesehatan, kenikmatan keluarga dan harta.
v  Kesimpulan
-          Boleh jadi ketika kita diuji dengan kesusahan, dicoba dengan penderitaan, didera malapetaka tapi kita kuat bahkan dari sebelumnya.
-          Tapi ketika kita diuji dengan kenikmatan, kesenangan, kelimpahan ujian saat itulah terjatuh.
-          Orang yang bersyukur akan diberikan kenikmatan berlipat ganda dan orang yang istidraj menghampiri dosa menuju neraka semoga kita dijauhkan dari istidraj.!!!
-          Oleh karena itu jangan sampai kita terlena, tetapi rendah hati dan mawas diri. Semua ini hanya titipan yang sifatnya sementara
-          Mari kita jadikan dunia sebagai bekal, jangan jadikan sebagai beban.
v  Demikianlah sebagian penjelasan mengenai istidraj dalam islam sesungguhnya segala kenikmatan dan kesulitan yang Allah berikan semata mata salah satu bentuk ujian untuk umat manusia agar lebih bersyukur dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan keepada Allah.
-          Semoga penjelasan ini dapat meningkatkan keimanan kita semua
-          Wallau ‘alam bishshowab (Aan Allah Yang Maha Tahu)















Wanita cantik menurut islam

v  Hampir seluruh wanita didunia ini senang kelihatan cantik dan menarik, karena itu banyak wanita yang berhias diri agar tampak menarik dan mempesona
v  Pengertian cantik itu relatif dan subjektif tergantung dari siapa dan bagaimana orang memahaminya
v  Cantik dapat dimaknai dengan indah dipandang mata, anggun dan elok, namun secaara istilah, cantik tidak hanya menarik dari apa yang terlihat, namun bias saja dari apa yang tersirat.
v  Jenis kecantikan wanita dibagi menjadi dua yaitu, kecantikan fisik atau kecantikan luar dan kecantikan batin atau kecantikan dalam yang disebut …………….beauty kecantikan akhlak dan kebaikan hati tidak akan pernah hilang walau dimakan waktu dan usia akan tetap abadi.
v  Islam adalah agama yang mempunyai keindahan dan keelokan ajaran islam yaitu tentang bagaimana keakhlakan yang elok dan mulia, bias dikatakn kalau islam agama yang menyukai keindahan atau kecantikan. Oleh karena itu Allah menciptakan wanita sebagai makhluk yang cantik dan digambarkan sebagai perhiasan dunia hamper semua bagian dari wanita adalah keindahan seperti suara, tingkah laku, seluruh fisiknya.
v  Sebab itulah wanita muslimah menurut islam harus dijaga dan menjaga diri dari pandangan serta tindakan yang dilarang Allah.
v  Wanita dalam pandangan islam, bukanlah cantik dari fisik semata, namun wanita shalehah yang menjaga diri dari kehormatannya dari pandangan orang yang bukan mahromnya.
v  Hadist Rasulallah bersabda : apabila seorang wanita telah melaksanakan shalat 5 waktu, menjalankan shaum, menjaga kemaluannya dan taat pada suaminya, maka dia akan masuk surge dari pintu mnapun yang disukainya. Hadist ini menggambarkan pahala yang diberikan kepada wanita yang senantiasa mengerjakan amal akhlak dan menjaga kehormatan dijalan Allah adalah surga
v  Kriteria wanita cantik dalam islam
Sesungguhnya semua wanita itu cantik tersirat dalam Hadist  : Rasulallah bersabda :”dunia adalah perhiasan, dan sebaik baik perhiasan adalah wanita yang shaleha” (H.R. Muslim)
Jadi islam memandang perhiasan terbaik adalah wanita yang shalehah.
v  Ciri ciri wanita cantik yang shalehah yaitu :
1.      Taat pada Allah, seperti menjalnkan amal baik dan meninggalkan amal buruk karena Allah diantaranya shalat lima waktu, shalat sunnah, shaum wajib/sunat, membayar zakat dan amalan lainnya yang diperintahkan Allah kepada hambanya.
2.      Menjaga kehormatannya yaitu, wanita yang mampu menjaga kehormatan, jauh dari zina dan menjaga kecantiknanya untuk mahromnya (Q.S. An-Nur 24 ayat 31)
3.      Taat kepada suami yaitu, wanita yang taat pada suaminya. Hukum melawan suami adalah dosa pada zaman modern ini banyak wanita yang ……………. Dan merasa lebih dari suami maka sering membantah apa yang diperintahkannya. Namun wanita shalehah bukan ………… tidak boleh berpendapat dalam rumah tangga asalkan dengan cara yang santun.
4.      Menutup aurat yaitu, semua bagian dari wanita adalah aurat yang tidak boleh …………….. kepada siapapun kecualipada mahromnya. Oleh karena itu Allah memerintahkan wanita untuk menutup aurat agar senantiasa terjaga kecantikan dan kehormatannya ……………memakai jilbab (Q.S. Al-Ahzab 33 ayt 54)
5.      Berakhlak mulia
Wanita yang mulia akhlaknya yaitu, ……………..akhlak dengan iman saling perhatian, keimanan yang teguh melakukan akhlak yang bagus dan terpuji. Dalam Hadist dikatakan : sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan harta kalian, tapi Allah melihat hati dan amal kalian (H.R. Muslim dan Ibnu Majah)
6.      Tidak menyerupai orang kafir
Cantik menurut islam yaitu, senantiasa berpenamilan sebagaimana layaknya muslimah. Wanita yang menutup auratnya dan tidak menyerupai penampilan orang kafir atau lawan jenisnya karena hal itu dilarang dalam islam,bahwa ulama mengatakan : “                  ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
v  Sebaik apapun rupa seseorang dan seanggun apapun perilakunya secara fisik, namun cantik secara islam yang sesungguhnya adalah seindah hati dan perilakunya yaitu taat akan apa yang diperintahkan Allah padanya
-          Q.S. At-Tin 95 ayat 4 yang bunyinya, laqod kholaknal innsana fii ahsani taqwim artinya, sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
-          Kecantikan akhlak dan kebaikan hati tidak akan pernah hilang walau dimakan waktu dan usia, akan tetap abadi
-          Jadinya intinya wanita cantik itu bukan yang berbody mulus dan ber make up tebal, melainkan dia yang beriman dengan menaati perintah Nya dan menjauhi semua laranganNya.










0 comments:

Proudly Powered by Blogger.