Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Saturday, November 3, 2018

RENCANA PROGRAM PENGEMBANGAN FISIK PADA ANAK

by endar  |  in ARTIKEL at  November 03, 2018


Perencanaan, Pelaksanaan, dan
Penilaian Program Kegiatan
Fisik Motorik di TK

KEGIATAN BELAJAR 1
Rancangan Program Pengembangan Fisik
A.    RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK
Setiap gerakan anak sebenarnya melibatkan tiga unsur penting, yaitu ottot, otak, dan syaraf. Jika salah satu dari ketiga unsur tersebut tidak berfungsi dengan baik maka gerakan yang dihasilkan juga tidak akan bermakna atau tidak terjadi gerakan sama sekali. Berdasarkan unsur otot yang dilibatkan pada saat bergerak maka secara umu, pengembangan fisik motoric terbagi menjadi dua, yaitu motoric kasar dan motoric halus. Selanjutnya baik motoric kasar maupun motoric halus terdiri atas beberapa macam gerakan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada uraian berikut iini.
1.      Lingkup Pengembangan Motorik Kasar
Motoric kasar adalah gerakan fisik yang melibatkan otot-otot besar, seperti otot lengan, kaki, dan leher. Ada tiga jenis gerakan yang dapat dilakukan dalam motoric kasar, yaitu gerak lokomotor, gerak nonlokomotor, dan gerak manipulative
a.       Gerakan lokomotor
Gerak lokomotor adalah aktivitas gerakan dengan cara memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain.
b.      Gerakan nonlokomotor
Gerakan bonlokomotor adalah aktivitas atau tindakan dengan tidak memindahkan tubuh dari satu tempat ketempat lai.
c.       Gerak manipulative
Gerak manipulative adalah aktivitas yang dilakukan tubuh dengan bantuan alat. Contohnya, gerakan manipulative adalah melempar, menangka, menggiring, menendang, memantulkan bola atau benda benda lainnya.
2.      Lingkup Pengembangan Motorik Halus
Motoric halus adalah gerakan-gerakan tubuh yang melibatkan otot-otot kecil, misalnya otot-otot jari tengah, otot muka, dan lain-lain.
B.     PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK PADA KURIKULUM 2004


C.    RANCANGAN PROGRAM PENGEMBNGAN FISIK MOTORIK UNTUK ANAK USIA 4-6 TAHUN
Program kegiatan pengembangan fisik motoric untuk anak usia Taman Kanak-kanak merupakan program kegiatan yang terinteggrasi dalam kegiatan belajar dan bermain.
1.      Menentukan Tujuan/ Aspek yang Akan Dikembangkan
2.      Pemilihan Bentuk Kegiatan yang Aakn Dilakukan
Guru perlu memilih dan menentukan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan. Pemilihan kegiatan inii harus sesuai dengan tingkat perkembangan dan karakteristik anak.
3.      Pemilihan Alat dan Bahan yang Akan Digunakan
4.      Pemilihan Metode
KEGIATAN BELAJAR 2
Penilaian program pengembangan
fisik motorik
evaluasi atau penilaian dilakukan terhaadap perkembangan aspek fisik motoric anak didik baik berupa kemajuan maupun hambatan-hambatan yang merintangi kemajuan maupun hambatan-hambatan yang mungkin merintangi kemajuan perkembangan anak didik.
            Pengertian penilaian adalah suatu usaha untuk mendapatkan informasi secara berkala berkesenimbangan dan menyeluruh tentang proses, dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai anak didik melalui program kegiataan belajar.
A.    ALAT PENILAIAN DALAM PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK
1.      Penilaian pengembngan fisik motoric di Taman Kanak-kanak
Pengembangan fisik motoric di Taman Kanak-kanak dapat dilakukan dengan berbagai cara sebagai berikut.
a.       Pengamatan atau observasi
1.      Pengertian
Pengamatan merupakan suatu cara untuk mengumpulkan keterangan atau informasi tentang sesuatu dengan cara melihat, mendengarkan dan meng.amati semua peristiwa, mencatatnya secara cermat dan teliti yang dilakukan oleh pengamat (observers) terhadap objek/ orang yang diamati (observe viewer). Pengamatan merupakan suatu metode yang paling langsung untuk mengetahui proses pembelajaran dan perkembangan anak didik khususnya anak usia dini.
2.      Tujuan observasi
a.       Memahami perilaku anak
b.      Mengevaluasi perkembangan anak
3.      Observasi/ pengamatan terhadap perkembangan fisik motoric anak anak usia dini berbeda dalam periode perkembangan fisik motoric yang paling penting karena pada usia ini perkembangan fisik motoric mengalami perkembangan yang sangat pesat yang meliputi perkembangan motoric halus dan kasar.
a.       Keterampilan motoric halus melibatkan otot kecil tubuh secara spesifik meliputi tangan dan jari.
b.      Keterampilan motoric kasar memberikan kemampuan pergerakan otot-otot besar dalam aktivitas fisik, seperti berjalan, berlari, memanjat, dan melompat. Ketika bermain, anak-anak prasekolah menggunakan peralatan dan aktivitas lain untuk melatih keterampilan-keterampilan motoric kasar .
b.      Catatan anekdot
Merupakan kumpulan catatan tentang sikap dan perilaku anak dalam situasi situasi tertentu. Kesimpulan catatan tersebut meliputi aktivitas anak yang bersifat positif dan negatif.
c.       Portofolio
Portofolio adalah kumpulan atau koleksi sistematik karya baik yang dikembangkan oleh anak dan guru yang dapat berfungsi sebagai dasar untuk menelaah usaha, perbaikan proses dan pencapaian pada satu bagian atau lebih aspek. Portofolio dapat diartikan sebagai suatu wujud benda fisik, seperti bundle (kumpulan atau dokumen hasil pekerjaan anak yang disimpan dalam satu kumpulan)
2.      Prinsip-prinsip penilaian
Beberapa prinsip penilaian yang harus diperhatikan dalam kegiatan penilaian adalah sebagai berikut.
a.       Menyeluruh
b.      Berkesinambungan
c.       Berorientasi pada proses dan tujuan
d.      Objektif
e.       Mendidik
f.       Kebermaknaan
g.      Kesesuaian
B.     CONTOH RANCANGAN PENILAIAN PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK
1.      Pengamatan/ Obserfasi

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.