Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Saturday, October 6, 2018

MODUL 1 KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

by endar  |  in ARTIKEL at  October 06, 2018

Tugas Mandiri
Modul 1 : Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini

No Registrasi    :
Nama                 : 
Kecamatan        : 
Kabupaten        : 


10 Prinsip Dasar PAUD
1.      Belajar sambil bermain
Pada hakikatnya dunia anak adalah bermain, melalui bermain dapat memberikan pembelajaran yang bermakna pada anak. Contoh penerapannya >> anak bermain air dengan cara mengisi air kedalam botol, anak melatih motorik halusnya.
2.      Sesuai dengan perkembangan anak
Pembelajaran disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Pembelajaran anak usia dini harus disesuaikan baik lingkup maupun tingkat kesulitannya.
Contoh penerapannya >> anak usia 4 tahun mengenal warna dan usia 5 tahun menyusun balok
3.      Berorientasi pada kebutuhan anak
Kebutuhan anak yang paling mendasar dalam kebutuhan fisik (lapar dan haus), anak dapat belajar apabila tidak dalam kondisi lapar dan haus
4.      Anak sebagai pembelajar aktif
Pendidik harus mampu menciptakan suasana yang membuat anak aktif mencari, mengemukakan pendapat, menentukan pilihan.
Contoh penerapannya >> menimbang benda, menentukan, dan bisa mengukur berat dan ringan.
5.      Mengembangkan kecerdasan anak
Bagian dari diri anak yang dikembangkan meliputi fisik motorik, intelektual, moral, sosial, emosi, kreativitas, dan bahasa. Mengembangkan kecakapan hidup dapat dilakukan melalui pemberian rangsnagan untuk mengembangkan kemandirian.
Contoh penerapan >> anak dibiasakan untuk memakai kaos kaki sendiri, memakai baju sendiri.
6.      Menggunakan lingkungan yang kondusif
Lilngkungan pembelajaran sebaiknya diciptakan sedemikian rupa sehingga dapat menarik, menyenangkan, aman dan nyaman bagi anak.
7.      Mengembangkan kecakapan hidup
Anak kelak berkembang menjadi manusia yang utuh yang memiliki kepribadian dan ahlak yang mulia, cerdas dan terampil.
8.      Anak belajar melalui interaksi sosial.
Untuk mengembangkan rasa saling menghargai antara anak dengan pendidik dan antara anak dengan teman-temannya.
9.      Belajar dari kongkrit ke abstrak, sederhana ke kompleks gerakan ke verbal.
10.  Merangsang kreativitas dan inovasi
Contoh penerapannya 

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.