SATUAN ACARA PENYULUHAN (SAP)
CUCI TANGAN YANG BAIK DAN
BENAR
Pokok bahasan : Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar
Sub pokok
bahasan : 6 Langkah Cara
Mencuci Tangan
Sasaran : Siswa/i SD
Kelas 2
Hari/Tanggal : 16 Oktober
2018
Waktu/Jam : 30
menit/08.00 – 08.30
WIB
Tempat :
Diagnosa
keperawatan : kurangnya
pengetahuan siswa SDN Paoman 2 tentang cara mencuci tangan
yang benar b.d kurang terpapar informasi.
Analisa situasi :
Pembangunan kesehatan adalah
bagian dari pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran
kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat
kesehatan masyarakat yang setinggi - tingginya guna tercapainya suatu negara
yang kuat. Negara yang kuat adalah negara yang memiliki ketahanan bangsa yang
tangguh dengan tujuan utamanya mewujutkan rakyat yang sehat secara fisik,
mental dan sosial serta memiliki produktifitas yang tinggi.Berkaitan dengan
pembangunan di bidang kesehatan terdapat issue strategis yang dihadapi bangsa
Indonesia diantaranya adalah beban ganda yang masih dihadapi dalam pembangunan
kesehatan. Beban ganda dalam pembangunan kesehatan adalah meningkatnya beberapa
penyakit menular (re-emerging disese), sementara penyakit tidak menular atau
penyakit degeneratif mulai meningkat, selain itu timbul juga berbagai penyakit
baru (new-emerging disease). Issue strategis lainnya adalah pemberdayaan
masyarakat di bidang kesehatan masih menempatkan masyarakat sebagai obyek,
bukan sebagai subyek pembangunan kesehatan. Kemampuan masyarakat untuk
mengemukakan pendapat dan memilih dalam rangka penyelenggaraan pembangunan
kesehatan masih sangat terbatas serta peran aktifmasyarakat masih kurang dan
bahkan cenderungmenurun.
Angka kematian bayi dan balita di Indonesia masih tinggi. Angka kematian bayi dan balita yang masih tinggi menunjukkan bahwa kesejahteraan individu dan masyarakat masih rendah. Menurut staf ahli menteri kesehatan bidang faktor resiko kesehatan menyebutkan angka kematian anak - anak di Indonesia mencapai 32 per 1000 kelahiran hidup sedangkan angka kematian balita mencapai 46 dari 1000 kelahiran hidup. Tingginya angka kematian tersebut tidak terlepas dan buruknya kondisi sanitasi, kualitas air maupun pengendalian lalat. Upaya memperbaiki ketiga hal tersebut bukanlah suatu hal yang mudah. Mengingat kondisi pencemaran air maupun pola sanitasi masyarakat masih sangat memprihatinkan, maka cuci tangan mernpakan cara yang paling mudah. Namun kebiasan cuci tangan masih masih sebatas pengetahuan dan belum rnenjadi suatu budaya atau kebiasaan yang dilakukan di masyarakat. Mengingat masih rendahnya kebiasaan masyarakat dalam cuci tangan, seharusnya dilakukan pembangunan kesadaran bersama - sama. Masyarakat harus rnenyadari bahwa perilaku adalah penyebab terjadinya penyakit, sehingga berpengaruh pula terhadap peningkatan derajat hidup masyarakat. Oleh karena itu mencuci tangan dengan bersih dan benar harus dikembangkan terus sejak usia dini agar mereka terbiasa hidup bersih dan sehat.
Penyuluh :Rakhmah
Yulianinda
A. Tujuan
Instruksional Umum (TIU)
Setelah di lakukan tindakan
pendidikan kesehatan selama 1 x 40 menit di harapkan peserta
mampu cuci tangan dengan baik dan benar.
B. Tujuan
Instruksional Khusus (TIK)
Setelah mengikuti kegiatan pendidikan
kesehatan 1x pertemuan, diharapkan Siswa/i SD kelas 2 :
1.
Menjelaskan
kembali tentang pengertian cara mencuci
tangan
2.
Memahami tentang
cara tujuan mencuci tangan yang baik dan
benar.
3.
Mengetahui
tentang alasan mencuci tangan harus di air yang mengalir .
4.
Menjelaskan
tentang 5 waktu yang tepat mencuci tangan
5.
Melakukan
cara langkah mencuci tangan yang baik dan benar
C. Materi
1.
Pengertian
mencuci tangan
2.
Tujuan
mencuci tangan yang baik dan benar
3.
Alasan
mencuci tangan harus di air yang mengalir
4.
5
waktu tepat mencuci tangan
5.
Langkah
mencuci tangan yang baik dan benar
D. Metode
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Demonstrasi
E. Media
1.
Laptop
2.
Leaflet
3.
Air
4.
Sabun
F. Kegiatan penyuluhan
no
|
Waktu
|
Kegiatan penyuluhan
|
Respon sasaran
|
1
|
3 menit
|
Pembukaan :
|
Menjawab salam
|
2
|
20 menit
|
Memberikan leaflet
Pelaksanaan :
Menjelaskan materi secara teratur dan berurutan :
Simulasi
|
Memperhatikan penjelasan materi yang akan
diberikan
|
3
|
5 menit
|
Evaluasi :
|
|
4
|
2 menit
|
Penutup :
|
|
G. Evaluasi
1.
Evaluasi struktural
a.
Peserta hadir
ditempat penyuluhan
b.
Penyelenggaraan
penyuluhan dilaksanakan di SDN Paoman 2
c.
Perorganisasian
penyelenggaraan dilaksanakan sebelumnya
2.
Evaluasi proses
a.
Peserta antusias
terhadap materi penyuluhan
b.
Tidak ada peserta
yang meninggalkan tempat penyuluhan
c.
Peserta mengajukan
pertanyaan dan menjawab pertanyaan secara bener
3.
Evaluasi hasil
No
|
Evaluasi Lisan
|
Respon Audiens
|
Nilai
|
1
|
Menjelaskan pengertian mencuci tangan.
|
Memperhatikan
|
20
|
2
|
Menyebutkan tujuan cuci tangan.
|
Memperhatikan
|
20
|
3
|
Menjelaskan mengapa mencucitangan harus di air yang
mengalir.
|
Memperhatikan
|
20
|
4
|
Menyebutkan 5 waktu tepat mencuci tangan.
|
Memperhatikan
|
20
|
5
|
Menjelaskan bagaimana langkah mencuci tangan yang baik
dan benar.
|
Memperhatikan
|
20
|
H. Sumber
A. Poter,
Patricia, Pery. (2002). Ketrampilan dan Prosedur Dasar. Mosby : Elsevier
Science.
Media Sehat
Edisi 4 terbitan Januari 2010
Penuntun Umum
Untuk Petugas Puskesmas. (1995). Jakarta : Departemen Kesehatan.
Pedoman
Pelatihan. Modul dan Materi Dokter Kecil. Jakarta
Lampiran Materi
A. Pengertian Mencuci Tangan
Mencuci tangan adalah menggosok
air dengan sabun secara bersama-sama seluruh kulit permukaan tangan dengan kuat
dan ringkas kemudian dibilas dibawah aliran air (Larsan, 1995).
Mencuci tangan adalah proses yang
secara mekanis melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan
menggunakan sabun biasa dan air (DEPKES, 2007).
Mencuci tangan adalah membasuh
kedua telapak tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah
melakukan tindakan dengan tujuan untuk menghilangkan kuman. Membiasakan mencuci
tangan sejak dini merupakan langkah awal untuk mencegah masuknya kuman dan
resiko tertularnya penyakit.
B. Tujuan Mencuci Tangan yang baik dan
benar
Mencuci tangan merupakan satu
tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh.
Dimana tindakan ini dilakukan dengan tujuan yaitu :
1.
Supaya
tangan bersih.
2.
Membebaskan
tangan dari kuman dan bakteri.
3.
Terhindar
dari sakit perut dan diare.
C. Alasan Mencuci Tangan dengan Air yang
Mengalir
Dengan mencuci tangan di air
mengalir maka kotoran dan kuman akan ikut terbawa air. Jadi mulai
sekarang bila kita makan di rumah makan atau di warung makan yang
ada keran cuci tangan, sebaiknya cuci tangan di keran sajawalaupun
di sediakan mangkuk tempat mencuci tangan di meja adik-adik
D. 5 Waktu Tepat Mencuci Tangan
Bagi setiap orang, mencuci tangan
adalah satu tindakan yang takkan lepas kapanpun. Karena merupakan proteksi diri
terhadap lingkungan luar. Nah sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan
cuci tangan ?
1.
Sebelum
dan sesudah makan. Untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh saat kita
makan.
2.
Setelah
dari WC dan buang air. Besar kemungkinan tinja masih tertempel di tangan,
sehingga diharuskan untuk mencuci tangan.
3.
Setelah
bermain. Kebiasaan anak kecil adalah bermain ditempat yang kotor. Contohnya
seperti tanah. Dimana kita tahu bahwa banyak sekali kuman didalam tanah, jadi
selesai bermain harus mencuci tangan supaya kuman dari tanah hilang dan tidak
menempel ditangan.
4.
Sebelum
dan sesudah melakukan kegiatan. Bagi adik-adik mencuci tangan ini
juga bisa dilakukan sebelum dan sesudah belajar, sebelum dan sesudah bangun
tidur dan sesudah melakukan kegiatan yang lain.
5.
Tangan
terlihat kotor.
E. Langkah Mencuci Tangan yang Baik
dan Benar
Setelah sebelumnya membahas 5
momen cuci tangan sekarang coba kita bahas tentang bagaimana cuci tangan dengan
antiseptik (handrub) yang benar menurut WHO. Hal ini juga wajib diketahui dan
dilakukan untuk semua karyawan RS/Puskesmas/Klinik yang akan menghadapi
akreditasi.
Prinsip dari 6
langkah cuci tangan antara lain :
1.
Dilakukan
dengan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub) atau dengan
air mengalir dan sabun antiseptik (handwash). Rumah sakit akan menyediakan
kedua ini di sekitar ruangan pelayanan pasien secara merata.
2.
Handrub
dilakukan selama 20-30 detik sedangkan handwash 40-60 detik.
3.
5
kali melakukan handrub sebaiknya diselingi 1 kali handwash
6 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO yaitu :
1.
Tuang
cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan
secara lembut dengan arah memutar.
2.
Usap
dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian.
3.
Gosok
sela-sela jari tangan hingga bersih.
4.
Bersihkan
ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci.
5.
Gosok
dan putar kedua ibu jari secara bergantian.
6.
Letakkan
ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan.
** untuk download file isi diaatas anda bisa download filenya dibawah ini :
0 comments: