Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Friday, October 12, 2018

BENTUK RUPA BUMI INDONESIA

by endar  |  in IPS at  October 12, 2018


Bentuk Rupa Bumi Indonesia


Dalam Geografi, bentuk permukaan bumi lebih dkenal dengan istilah relief rupa atau muka bumi, yaitu relief daratan dan relief dasar laut.
1      Relief daratan meliputi bentuk-bentuk berikut.

a.       Dataran Rendah (plains) adalah daratan yang memiliki ketinggian kurang dari 200 m di atas permukaan laut dan tidak memiliki banyak perbedaan ketinggian anatara tempat yang satu dengan tempat yang lainnya.

Dataran rendah pada umumnya merupakan hasil dari sedimentasi  sungai. Contohnya, dataran rendah di pantai utara jawa.


b.      Dataran Tinggi (plato/plateau) adalah dataran yang terletak di antara gunung-gunung di ketinggian beberapa ratus/ribu meter, pegunungan atau bukit dengan puncak yang rata juga bisa dikatakan sebagai dataran tinggi.



c.       Gunung (mountain) adalah permukaan bumi yang menjulang ke atas dan berbentuk, seperti kerucut atau kubah yang berdiri sendiri laut disekitar Laut Sulawesi karena adanya pengengkatan kerak bumi. Gunung di tandai dengan adanya puncak (bagian atas), lereng (bagian tengah), dan kaki gunung (bagian bawah), contonya gunung gede, gunung muria, gunung burangrang, gunung Krakatau, dan gunung poco ranaka.




d.      Pegunungan (mountains) adalah rangkaian dari beberapa gunung dengan ketingian yang berbeda-beda dan bentuknya memanjang . pegunungan dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu :
1)      Pegunungan tinggi dengan ketinggian lebih dari 1.500 m di atas permukaan laut;
2)       Pegunungan menengah dengan ketinggian sekitar 500 - 1.500 m diatas permukaan laut;
3)      Pegunungan rendah dengan ketinggian 200 – 500 m di atas permukaan laut. Contoh pegunungan di Indonesia, antara lain Pegunungan Meratus di Kalimantan, Pegunungan Jayawijaya di Papua, dan Pegunungan Bukit Barisan di Sumatra.



e.       Bukit (hill) adalah jenis pegunungan yang tingginya antara 200 – 300 m.


f.       Lembah (valley) adalah daerah ledokan yang lebih rendah dari tempat sekitarnya dan berupa dataran yang panjang dan dialiri sungai.



g.      Ngarai (canyon) adalah lembah yang dalam dan sempit dengan lereng yang curam. Contoh ngarai di Indonesia adalah Ngarai Sianok  di Sumatra Barat.


h.      Peneplain adalah bentukan hasil akhir tenaga eksogen terhadap dataran rendah yang permukaannya miring atau menurun dengan sangat landai kearah laut.

i.        Pantai (baech) adalah wilayah perbatasan antara daratan dan perairan laut. Pantai dibedakan atas pantai landau seperti pantai Ancol dan pantai curam, seperti pantai Pacitan.

1 comment:

Proudly Powered by Blogger.