Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Friday, October 12, 2018

Lukisan lokal yang menarik perhatian dunia luar

by endar  |  in ARTIKEL at  October 12, 2018


Lukisan lokal yang menarik perhatian dunia luar


Karya yang akan saya jelaskan kali ini adalah karya yang bernamakan "Temple Festival in Bali". Lukisan tersebut termasuk lukisan dengan aliran Impresionis dikarenakan sang pelukis yang dikenal dengan gaya lukisan Impresionis nya, dan dari lukisan nya sendiri berusaha menampilkan kesan-kesan pencahayaan yang kuat, dengan penekanan pada tampilan warna dan bukan bentuk. Lokasi karya ini dimiliki oleh Christie's Hongkong, tapi terdapat banyak di duplikasi untuk hiasan dinding konsumen semata. Dibalik lukisan indah ini ada nama Le Mayeur yang merupaka sang pelukis dari lukisan yang saya deskripsikan. Ia adalah seorang keturunan bangsawan dari Belgia dan mewarisi darah seni dari orang tuanya yang merantau ke Bali, dan menikahi seorang wanita bali setelah sebelumnya ia jadikan obyek gambar untuk lukisan-lukisan nya.
Lukisan ini menggambarkan suasana di bali ketika ada festival rakyat berlangsung, semua terlihat jelas dengan hiruk pikuk suasana dan orang-orang yang berada di lukisan tersebut. Ada beberapa ciri-ciri lukisan gaya impresionis dalam lukisan tersebut, yaitu dari goresan kuas pendek dan tebal dengan gaya seperti sketsa, untuk memberikan kemudahan pelukis menangkap esensi subjek ketimbang detailnya. Selanjutnya pelukis terlihat meneliti sedetail mungkin sifat pantulan cahaya dari sebuah objek untuk kemudian diterapkan di dalam lukisan. Lukisan dibuat di luar ruangan (en plein air) sebagai bentuk penerapan karya impresionis. Dilihat dari keraturan warna cat tidak ditunggu kering untuk ditimpa dengan warna berikutnya dan pengolahan sifat transparansi cat dihindari. Tidak lupa pula warna didapat dengan sesedikit mungkin pencampuran pigmen cat yang digunakan, diharapkan warna tercampur secara optis oleh retina.
Saya berpendapat bahwa karya itu merupakan salah satu karya terbaik yang di ciptakan oleh Le Mayeur. Dilihat dari segi aliran atau gaya nya benar-benar menunjukan kalau ini merupakan sebuah lukisan impresionis. Dari segi pewarnaan juga terlihat baik dan apik untuk di pandang, tak heran lukisan ini laku dan mendapat apresiasi di luar sana. Dari segi seni nya juga sangat berkelas untuk sebagai lukisan yang hanya menggambarkan ke adaan lingkungan saat melakukan kegiatan.
rencana saya untuk membuat karya sesuai imajinasi berdasakankan karya tersebut yaitu ingin mencoba melukis gaya impresionis dengan menekan kan hiruk pikuk keadaan sebuah lingkungan diluar sana.  Sebenarnya saya belum kepikiran mebuat karya sebelum menulis artikel ini, tapi jika saya ada kemauan dan ke inginan yang kuat, saya ingin mencoba lukisan dengan aliran tersebut.


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.