Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Saturday, October 6, 2018

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

by endar  |  in BIOLOGI at  October 06, 2018


Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

1.      Manajemen didefinisikan :  Melakukan pekerjaan dengan/melalui orang lain u ncapai tujuan organisasi dengan melalui prose s; perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan   ( bagaimana mengarahkan personil organisasi) dan pengendalian.
2.      Manajemen pada dasarnya adalah : mengelola atau mengatur seluruh sumber daya yang dimiliki organisasi
3.      Organisasi harus memiliki sumber daya untuk bisa melaksanakan produksinya,  beberapa sumberdaya tersebut adalah  :
a.       Sumber daya modal
b.      Sumber daya teknologi
c.       Sumber daya bahan baku
d.      Sumber daya manusia
4.      Sumber daya manusia adalah  : kemampuan manusia (sebagai salah satu komponen tujuan organisasi) yang ikut adil dalam melaksan akan proses manajerial maupun produksi untuk mencapai tujuan organisasi
5.      Manajemen sumber daya manusia adalah : suatu kegiatan pengelolaan yang meliputi pendayaguna an, pen gembangan dan penilaian pemberian balas jasa bagi manusia sebagai individu anggota organisasi atau perusahaan bisnis.

SEJARAH MSDM
1.      Sejarah perkembangan MSDM dalam secara garis besar dibagi dalam 5 periode :
a.       Periode Pengrajin (kurun waktu tahun 1600-1700)
Dimana orang bekerja diarahkan untuk system pengrajin. Produksi barang atau jasa dihasilkan oleh sekelompok pekerja di dalam sebuah ruang kerja yang sempit seperti industry rumah tangga.
Setiap kepala perajin, mempunyai beberapa pemegang dan nomaden untuk me lakukan pekerjaan. Jika ada perajin yang mengundurkan diri, yang menggantikannya adalah nameden yang paling senior.

b.      Periode paham manajemen ilmiah periode  (pada awal tahun 1900-an)
Yang dulu ruangannya sempit sekarang sudah menjadi pabrik kecil, dengan ditemukannya mesin uap sehingga dapat mendorong tingkat produktivitas yang lebih tinggi dari pada tenaga manusia. Sehingga mengarah pada era Revolusi Industri.
Tolak ukur manajemen ilmiah adalah efisiensi dan efektifitas demi mengejar produktifitas.
Landasan pemikiran paham ini adalah melalui penelitian ilmiah diharapkan ditemukan sebuah cara terbaik

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.