Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Sunday, October 7, 2018

PROFIL NEGARA JEPANG

by endar  |  at  October 07, 2018


Nama Internasional                : Nihon-koku
Kepala Negara                        : Kaisar (Akihito, 7 Januari 1989 sekarang)
Kepala pemerintahan              : Perdana Menteri (Yukio Hatoyama, 16-9-2009-sekarang
Bentuk pemerintahan             : Kekaisaran
Ibukota                                   : Tokyo
Luas wilayah                          : 377.930 KM2
Jumlah penduduk                   : 127.470.000 jiwa (tahun 2010)
Suku bangsa                           : Jepang (99%)
Agama                                    : Shinto(mayoritas, Islam, Budha,Kristen)
Bahasa                                    : Jepang
Mata uang                              : Yen
Lagu kebangsaan                    : Kimi Gayo
Hasil agraris                            : Beras, tembakau, buah dan sayuran
Hasil industry                         : Elektronik, otomotif, mesin, alat   berat,farmasi, bahan kimia,  
                                                 manufaktur.
Hari Besar                              : 3 November 1946 (Hari konstitusi)
Kantor berita                          : KYODO
Bandara Internasional            : Haneda (tokyo) Narita (Tokyo)
Kebudayaan                           :Jepang banyak menerima pengaruh dari Cina tetapi terdapat
perbedaan yang jelas antara keduanya, seperti seni  sendra tari, upacara minum the, tehnik merangkai bunga, DLL. Tapi kebudayaan Jepang yang harus dicontoh  adalah suka bekerja keras dan Disiplin yang tinggi
Iklim                                       : muson laut sedang
Letak Astronomis                   : 30° LU – 47° LU dan 128° BT – 146° BT;
Letak Geografis                     : jepang terletak di kawasan Asia timur yang terpisah dari benua
Asia, di sebelah timur benua Asia dan Sebelah barat samudera   
 Pasifik.


SEJARAH SINGKAT JEPANG
Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon/Nihon, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku adalah sebuah negara kepulauan di AsiaTimur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, dan Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk, dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga denganTaiwan.
Jepang terdiri dari 6,852 pulau yang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia.
Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.
Menurut mitologi tradisional, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Kaisar Jimmu memulai mata rantai monarki Jepang yang tidak terputus hingga kini. Meskipun begitu, sepanjang sejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan sebenarnya berada di tangan anggota-anggota istana, shogun, pihak militer, dan memasuki zaman modern, di tangan perdana menteri.
 Menurut Konstitusi Jepang tahun 1947, Jepang adalah negara monarki konstitusional di bawah pimpinan Kaisar Jepang dan Parlemen Jepang.
Sebagai negara maju di bidang ekonomi,Jepang memiliki produk domestik bruto terbesar nomor dua setelah Amerika Serikat, dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS serta suat armada besar kapal perusak.
Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi (peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan
Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB.
Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika.

LETAK ASTRONOMIS JEPANG
Letak Astronomis negara Jepang adalah 23 ½ LU-40 LU, 45’ 33’ GBU dan 20’ 25’ GBU atau letak lintang dan bujur antara 35 ° – 41’N 139 ° – 46’E.

LETAK GEOGRAFIS JEPANG
Letak Geografis Jepang sendiri adalah di persisir Lautan Pasifik, lebih tepatnya di sebelah timur Benua Asia.
 Istilah dari kepulauan Jepang merujuk pada empat pulau besar dari utara ke selatan, Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, dan kepulauan Ryukyu yang berada di selatan Kyushu.

KEADAAN ALAM DI JEPANG
Keadaan alam Jepang relatif kasar yang ditandai dengan banyaknya gunung api, yaitu ada 192 gunung api yang masih aktif.
Negara Jepang termasuk dalam rangkaian pegunungan muda Sirkum Pasifik. Hal inilah yang menyebabkan sering terjadinya gempa bumi, baik tektonik ataupun vulkanik. Puncak gunung tertingginya adalah Gunung Fujiyama (3.776 m).
Sungai-sungai di Jepang pendek-pendek dengan aliran yang deras sehingga sangat cocok digunakan untuk PLTA, maka listrik di Jepang murah dan sangat mendukung untuk kegiatan industri.

HASIL ALAM YANG ADA DI JEPANG
·         Keadaan Iklim Di Jepang
Iklim Jepang Panduan Cuaca Suhu rata-rata & Grafik mengelusidasi dengan sinar matahari dan Data Curah Hujan & Informasi tentang Kecepatan Angin & Kelembaban:
a.   Berdasar garis lintang dan garis bujur, Jepang terletak di  30° LU sampai dengan 47° LU dan diantara 128° BT - 146° BT
b.    Ketinggian; 5 m (16 kaki).
c.    Suhu rata-rata di Jepang adalah 15,1 ° C (59 ° F).
d.   Kisaran suhu bulanan rata-rata adalah 23 ° C.
e.    Rata-rata terpanas max / suhu tinggi adalah 31 ° C (88 ° F) pada bulan Agustus.
f.     Rata-rata terdengin min  / suhu rendah -1 ° C (30 ° F) pada bulan Januari.
g.    Jepang menerima rata-rata 1562 mm (61,5 in) curah hujan per tahun atau 130 mm (5,1 in) setiap bulan.
h.    Pada keseimbangan terdapat 117 hari setiap tahunnya yang lebih besar dari 0,1 mm (0,004 in) curah hujan (hujan, hujan es, salju atau hujan es) atau 10 hari occurrs pada bulan rata-rata.
i.      Bulan dengan cuaca terkering adalah Januari ketika pada keseimbangan 48 mm (1,9 in) dari hujan, hujan es es, atau salju turun di 6 hari.
j.      Bulan dengan cuaca paling basah adalah pada keseimbangan Oktober ketika 220 mm (8,7 in) hujan, hujan es, hujan es atau salju turun di 12 hari.
k.    Rata-rata kelembaban relatif rata-rata untuk satu tahun dicatat sebagai 71,2% dan secara bulanan itu berkisar dari 60% pada bulan Januari & Februari sampai 80% pada bulan Juli.
l.      Ada berbagai rata-rata jam sinar matahari di Jepang antara 4,4 jam per hari di bulan Oktober dan 6,6 jam per hari di Agustus.

·         Keadaan Penduduk
Penduduk Jepang dikenal dengan sebutan bangsa Ainu yang secara fisik lebih mirip orang Eropa dibandingkan Asia. Namun sekarang bangsa Ainu asli sudah jarang dijumpai karena bercampur dengan pendatang dari Cina, Korea, dan Asia Tenggara sejak zaman prasejarah. Penduduk asli Jepang banyak tinggal di Pulau Hokaido.
 Orang Jepang sangat menghormati tradisi leluhur, meskipun mereka juga sangat terbuka terhadap budaya dari luar. Terbukti sampai saat ini mereka masih menjalani tradisi minum teh, mandi air hangat, menundukkan kepala sebagai perwujudan rasa hormat dan persahabatan, memakai kimono, dan menyelenggarakan sumo.
  Tradisi dan budaya Jepang yang sampai saat ini masih kita jumpai antara lain:
1) seni mengkerdilkan tanaman yang disebut bonsai,
2) seni merangkai bunga yang disebut ikebana,
3) olahraga tradisional yang disebut sumo,
4) tradisi minum teh yang disebut canoya.
·         Kegiatan Ekonomi
1) tanian
                 Luas tanah di Jepang terbatas sehingga kegiatan pertaniannya dilakukan secara intensif dan mekanis. Hasil pertaniannya antara lain padi, gandum, teh, sutra, buah-buahan, sayuran, dan tembakau. Dengan kemajuan teknologi yang ada dan keterbatasan lahan dikembangkanlah teknik bercocok tanam dengan media hidup tanpa menggunakan tanah yang disebut hidroponik. Media hidupnya seperti busa, arang, atau serabut kelapa.
2) Perikanan
Penduduk Jepang termasuk yang paling gemar mengkonsumsi ikan. Industri perikanannya sangat maju karena didukung oleh kondisi alam yang ada.
Faktor-faktor pendukungnya antara lain mempunyai perairan laut yang kaya ikan, merupakan tempat bertemunya arus panas kurosyiwo dan arus dingin oyasyiwo, menggunakan teknologi modern untuk penangkapan ikan, serta memiliki banyak pelabuhan alam untuk dermaga perikanan (teluk). Hasil ikannya sarden, salmon, tuna, paus, haring.
3) Perindustrian
Mata pencaharian penduduk Jepang sebelum masuk era industrialisasi adalah petani dan nelayan. Sejarah industrialisasi Jepang dimulai sejak tahun 1880-an dengan didirikannya pabrik tekstil dan benang. Namun perkembangan industri sangat pesat terjadi sejak tahun 1920, dengan makin berkembangnya perusahaan raksasa seperti Mitsubishi, Mitsui, dan Sumitomo. Jepang memiliki kota-kota penting pusat perekonomian dan pemerintahan yaitu Tokyo, Ginza, Osaka, Kyoto, Nagoya, dan Yatawa. Hingga saat ini, perekonomian Jepang bertumpu pada perdagangan dan industri yang menghasilkan motor, mobil, kapal laut, alat-alat elektronika, dan kereta api tercepat di dunia.
Daerah-daerah yang dijadikan sebagai pusat-pusat industri Jepang dikelompokkan menjadi empat kawasan, yaitu sebagai berikut.
         a) Kawasan industri Keihin (di Dataran Rendah Kwanto)Kota industrinya meliputi Tokyo, Yokohama, dan Kawasaki. Hasil industrinya antara lain industri baja, elektronika, kertas, galangan     kapal, peralatan listrik.
         b) Kawasan industri Hanshin (di Dataran Rendah Kinki)
Kota industrinya meliputi Osaka sebagai tempat industri tekstil terbesar di Jepang, Kyoto sebagai pusat industri kerajinan, dan Kobe sebagai pusat industri mobil, besi baja, galangan kapal.
Batas Negara Jepang (Japan)
日本国Nippon-koku atau Nihon-koku (Bahasa Jepang)
Posisi Negara Jepang.
Jepang terletak di Kawasan Asia Timur, dengan batas wilayah :
Sebelah utara :
 Negara Russia dipisahkan oleh Laut Jepang.
Sebelah timur laut :
 Samudra Pasifik.
Sebelah timur :
 Samudra Pasifik.
Sebelah tenggara :
 Samudra Pasifik.
Sebelah selatan :
 Samudra Pasifik.
Sebelah barat daya :
 Negara China dipisahkan oleh Laut China Timur.
Sebelah barat :
 Negara Korea Utara dan Korea Selatan dipisahkan Oleh Laut Jepang.
Sebelah barat laut :
 Negara Rusiia dispisahkan oleh Laut Jepang.

RELIEF NEGARA JEPANG
Relief negara Jepang. Gunung tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fuji atau Fujiyama, dengan ketinggian mencapai 3.779 meter. Pegunungan di negara Jepang merupakan rangkaian dari jalur sirkum Pasifik. Jumlah gunung berapi di negeri Sakura ini terdapat 200 dengan 50 buah gunung api yang masih aktif.
Letusan gunung berapi dan gempa bumi sangat sering terjadi. Dataran rendah ada sekitar 16% dari seluruh daratan di Jepang. Dataran rendah yang luas seperti dataran rendah Kwanto, Kinki dan Nobi, yang terletak di Pulau Honshu.
Sungai terpanjang di Jepang adalah Sungai Shimono dengan panjang sekitar 353 km, yang terletak di Pulau Honshu, yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan irigasi.


Danau terbesar di Jepang yaitu danau Biwa terletak di dekat Kyoto. Garis pantainya tidak beraturan bentuknya tetapi baik untuk dijadikan pelabuhan.
Dataran terendah di Jepang -3,4 di bawah permukaan laut. Lautan di Jepang adalah tempat pertemuan arus dingin yang di sebut oyashiwo dan arus panas yang di sebut kuroshiwo yang mengakibatkan banyak ikannya.
Baca juga hal-hal yang berkaitan dengan Jepang :


0 comments:

Proudly Powered by Blogger.