Welcome Guys

Pages

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Friday, October 12, 2018

Gaya belajar siswa

by endar  |  in ARTIKEL at  October 12, 2018


Gaya belajar siswa

Gaya belajar siswa merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam belajar.  Setiap siswa  tentu  memiliki  gaya  belajar  yang  berbeda. Mengetahui  gaya  belajar siswa yang  berbeda  ini  dapat membantu  para  guru  dalam menyampaikan bahan pembelajaran kepada semua  siswa shingga hasil belajar akan lebih efektif.

Menurut  Bobbi  DePorter  dan  Mike  Hernacki dalam bukunya Quantum Learning halaman  110-111,  gaya  belajar  adalah kombinasi  dari  bagaimana  ia  menyerap,  dan  kemudian  mengatur  serta mengolah  informasi”.
Sedangkan  menurut  James  dan  Gardner dalam bukunya “Gaya belajar’ halaman 42 “gaya belajar adalah cara  yang kompleks dimana para siswamenganggap dan  merasa  paling  efektif  dan  efisien  dalam  memproses,  menyimpan  dan memanggil kembali apa yang telah mereka pelajari”.

Dunn dan  Dunn dalam bukunya Psikologi  Pendidikan (Sugihartono: 2007:53 menjelaskan  bahwa  :  “gaya  belajar merupakan kumpulan  karakteristik  pribadi  yang  membuat  suatu  pembelajaran  efektif untuk  beberapa  orang  dan  tidak  efektif  untuk  orang  lain”. Berati  gaya belajar berhubungan  dengan  cara  anak  belajar,  serta  cara  belajar  yang paling disukai. 

Menurut  Nasution dalam bukunya Berbagai  Pendidikan  dalam  Proses  Belajar  Mengajar,  ( 2009:94) gaya  belajar  adalah  cara  yang  konsisten  yang dilakukan  oleh  seorang  murid  dalam  menangkap  stimulus  atau  informasi,
cara  mengingat,  berfikir  dan  memecahkan  soal

Berdasarkan beberapa definsi di atas, Gaya belajar dapat disimpulkan sebagai cara seseorang dalam menerima hasil belajar dengan tingkat penerimaan yang optimal dibandingkan dengan cara yang lain. Setiap orang memiliki gaya belajar masing-masing. Pengenalan gaya belajar sangat penting. Bagi guru dengan mengetahui gaya belajar tiap siswa maka guru dapat menerapkan tekhnik dan strategi yang tepat baik dalam pembelajaran maupun dalam pengembangan diri. Hanya dengan penerapan yang sesuai maka tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Seorang siswa juga harus memahami jenis gaya belajarnya. Dengan demikian, ia telah memiliki kemampuan mengenal diri yang lebih baik dan mengetahui kebutuhannya. Pengenalan gaya belajar akan memberikan pelayanan yang tepat terhadap apa dan bagaimana sebaiknya disediakan dan dilakukan agar pembelajaran dapat berlangsung optimal. 

0 comments:

Proudly Powered by Blogger.